Sawan Fibrosis: Musim Dingin Tiba – Pemanaspun Dihidupkan

Monday, January 17, 2022

Musim Dingin Tiba – Pemanaspun Dihidupkan

Pada posting lalu, ada saya cerita tentang musim salju yang tidak seperti biasa, di mana suhu malah hangat layaknya akhir musim semi atau awal awal musim panas:

- Panas di Musim Salju – Anehnya Alam


Fig 01- Pemanas dihidupkan saat suhu dibawah 5 derjat Celsius.

Sementara itu di negara bagian Florida yang hampir sama posisi lintangnya dengan daerah kami, di selatan Amerika, malah turun salju, meskipun hanya satu hari saja:

- Kejadian Langka Dalam Rentang 250 Tahun – Turun Salju di Florida

Kembali ke daerah kami, ada saya sebutkan di posting atas bahwa saat itu suhu sekitar 280 C. 

Terus, berapa suhu musim dingin semestinya?


Fig 02- Pohon warna daunnya berubah

Sekarang sudah nol derjat Celsius (00 C). Layaknya musim dingin yang normal untuk states di selatan Amerika.


Fig 03- Es membeku, musim dingin beberapa waktu lalu

Malam hari bahkan bisa minus (- 6) derjat Celsius. Jauh dibawah nol. Nggak nyangka bisa ketemu lagi dengan suhu dibawah nol.

Kirain cuma utara Amerika, Canada dan Skandinavia.


Fig 04- Bagian meja yang diselimuti es

Biasanya memang musim dingin untuk daerah kami bermula di pertengahan Desember sampai awal Februari tiap tahun.

Tidak diketahui kenapa akhir akhir ini, khususnya tahun 2021 - 2022 agak aneh.

Saat musim panas, temperatur luar biasa, mengalahkan suhu tropik, sedangkan awal musim dingin masih terasa hangat.

Akhirnya, cuaca dingin itu tiba juga. Dan kamipun harus menghidupkan pemanas.

Tanpa pemanas, apalagi suhu dibawah nol derjat celsius, akan menggigil tentunya.

# Posting sebelumnya:

14 comments:

  1. Bang maaf cuma pingin tahu nih, apakah ada pemanas ruangan selain tungku konvensional, kalau di Jepang kita bisa menggunakanpenghangan elektronik spt Kris Room Heater, ada juga yang mini, ada DNQ-90-D-1 Warm, ada yang bentuknya mirip AC, dengan dual fan.

    Saya juga pernah di budhapest (Eropa) usim dingin, rumah saudara selain punya tungku juga punya pemanas elektronik...menurut saya sih memang lebih asik menghadap ke tngku he he he

    Selamat tahun baru ya...sukses selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Amerika, Masih ada yang pakai kayu, terutama yang di perkampungan yang masih ada hutannya....

      Yang modern, kayaknya sama di mana mana: gas, listrik dan panas-dingin (AC yang bisa diatur suhunya).

      Thanks atas kunjungannya-
      Musim Dingin Tiba – Pemanaspun Dihidupkan

      Delete
  2. jadi kebayang dongeng dongeng kalau lihat pemanas api di dalam ruangan...dongeng gadis korek api hehe

    wah awal musim dingin masih agak hangat ya, baru mulai dingin banget pas ke sini sininya...tinggal 1 bulan lagi berarti sampai Februari ya..liat esnya mengkristal aku jadi kebayang isian freezer pak tanza ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...
      di utara (new York) sudah tebal saljunya saat pertengahan Desember, kami tinggal di selatan, jadi agak hangat....

      Thanks atas kunjungannya-
      Musim Dingin Tiba – Pemanaspun Dihidupkan

      Delete
  3. Aku jadi membayangkan bagaimana rasanya hidup disana, terdapat es batu di meja dan dedaunan, pegang es di gelas saja paling sebentar lalu di lepas lagi hehe, aku juga membayangkan keluar asap dari mulut saat musim dingin haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, bisa dicoba.... welcome...
      Kalau keluar asap, setelah hujan malam, pagi pagi ngomong bisa keluar asap di Bandung...

      Thanks-
      Musim Dingin Tiba – Pemanaspun Dihidupkan

      Delete
  4. btw kumpul sama pak sofyan jd gk kudet yah hhe

    ReplyDelete
  5. Crear una foto es verla con los ojos de un artista

    ReplyDelete
  6. Wah suhunya sudah 0°C ya, ngga kebayang gimana dinginnya. Disini kalo pagi hari suhunya 20°C saja sudah menggigil gimana kalo nol derajat.😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, dingin banget terutama untuk kita yang dari negara tropis...

      Thanks atas kunjungannya-
      Musim Dingin Tiba – Pemanaspun Dihidupkan

      Delete