Sawan Fibrosis: Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

Thursday, January 27, 2022

Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

Baru saja dapat dua pesan, satu dari sahabat dan satu lagi dari sepupu yang profilnya dipakai untuk penipuan di medsos.

Profil sepupu (dari garis ayah) sangat mengesankan, karena:

- sosoknya yang handsome
- pendidikan sarjana kesehatan masyarakat
- dan pekerjaan di sebuah rumah sakit umum daerah, ibukota provinsi.


Fig 01- Malam di sudut kota

Sebenarnya, tipu menipu di medsos sudah lama berlangsung, dan ternyata masih saja terjadi sampai saat ini.

Wajar jika kita bertanya: Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan?

Pakar psikologi cognitive mencoba menjawab pertanyaan ini setelah melakukan riset dari tahun 2014.

Apa kira kira hasil dari riset itu?


Fig 02- Tembokpun ditabrak

Orang yang mudah menjadi korban penipuan memiliki 3 (tiga) ciri ciri sebagai berikut:

1) Lebih condong menggunakan perasaan

- Mudah kagum dengan profil yang dipakai si penipu.
- Padahal profil itu juga tipuan dari hasil mencuri profil orang lain (TNI, Polisi, PNS/ASN, Pegawai BUMN dsb).


Fig 03- Pohon yang berusia 3 tahun

2) Merasa familiar dengan si penipu

- karena si penipu memakai profil teman anda, atasan anda, bawahan anda atau bahkan saudara anda sendiri.


Fig 04- Masyarakat di sebuah acara


3) Terburu buru tanpa sempat menggunakan pikiran (judgement) atau mencari konfirmasi.
- penipu menggunakan kalimat kalimat yang mengharu biru misalnya, karena kecelakaan, kematian, digarong orang dsb, sehingga korban penipuan cepat cepat (terburu buru) memberikan bantuan (uang) yang diingini si penipu.

Dari memahami tiga poin di atas, semoga kita bisa terhindar dari segala penipuan di medsos dan dalam kehidupan sehari hari.

Apakah anda pernah tertipu oleh penipu yang memakai profil teman, saudara, atasan, bawahan, orang ganteng atau cantik?

# Posting sebelumnya:

20 comments:

  1. Replies
    1. Thanks-
      Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
    2. Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
  2. Alhamdulillah belum pernah dan semoga jgn pernah hehe.., tapi untuk konten2 hiburan sih walau saya tau itu akun palsu tetap saya nikmati saja wkwk, iya akun artis/ustad biasanya rata2 banyak di duplikat oleh penggemarnya dgn nama yang sama dgn aslinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja tidak pernah jadi korban....aamiin YRA

      Thanks-
      Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
  3. Kalo jadi korban penipuan sih belum, tapi kalo hampir jadi korban pernah pak.

    Jadi ceritanya tiba-tiba ada orang nelpon aku, lalu pas aku tanya siapa, dia jawab masa ngga kenal. Ini kesalahan ku, langsung jawab saja ini Satria ya, ia langsung balas saja iya. Ini nomor baru, katanya yang lama sudah hangus.

    Ia lalu minta tolong pinjam duit 300 ribu, katanya kena tilang lagi naik mobil, nanti diganti 500 ribu. Agak tertarik juga sih, tapi aku curiga bukannya dia banyak duitnya, masa pinjam.

    Aku lalu pura-pura mau ke konter buat transfer, lalu aku langsung telpon Satria pakai nomor biasanya, untungnya langsung diangkat dan ia bilang ada di rumah.

    Hampir saja ketipu.๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung punya feeling untuk konfirmasi, terhindar jadi korban....

      ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Thanks-
      Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
  4. sering dapat dari telpon tapi penipunya rada rada bego juga dia bilang anak saya terlibat narkoba dan sedang di tahan. Saya kan waktu itu belum punya anak.

    Jadi saya kerjain saja dia...sampai dia sadar ketahuan he he eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.... ternyata penipu banyak yang bodoh..
      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Thanks atas kunjungannya-
      Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
  5. Teman2 di pengajian pernah. Sekelompok pemuda pakaimodus baru. Mereka minta kartu identitas dengan alasan untuk ngumpul data bahan penelitian. Ngeri juga. Terima kasih telah berbagi, Mas Tanza.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow...
      ada ada saja modus penipuan...

      Thanks atas kunjungannya-
      Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
  6. mudah mudahan jangan sampai kena dan jadi korban deh...yang mau dijadiin korban juga kudunya cek en ricek dulu atau lebih aware dengan memastikan segala sesuatunya misal kalau suruh transfer ke rekening kan ketahuan juga nama rekeningnya siapa. Atau pokoknya ya lebih hati hati saja. Mudah mudahan kita semua selalu dilindungin dan dijauhkan dari hal seperti ini ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga terhindar dari bentuk penipuan... aamiin..

      Thanks atas kunjungannya-
      Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
  7. Replies
    1. Thanks-
      Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
  8. Replies
    1. Thanks-
      Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
  9. Excelente artรญculo. Revelador. Me dejas pensando...

    Abrazo agradecido.

    (Afortunadamente ahora pude traducir. En entradas anteriores no fue posible.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks to visit my blog-
      Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

      Delete
  10. ikut menyimak Kenapa Orang Mudah Menjadi Korban Penipuan? - Psikologi 18

    ReplyDelete