Sawan Fibrosis: Petani Kaya Raya dengan Penghasilan Rp1,14 Milyar di Amerika Serikat

Thursday, January 13, 2022

Petani Kaya Raya dengan Penghasilan Rp1,14 Milyar di Amerika Serikat

Data resmi dari pemerintah (USDA, 2021) bahwa penghasilan keluarga petani Amerika Serikat, kalau dikurs rupiah, kira kira sebesar Rp1,14 milyar per tahun.

Bandingkan dengan income rata rata rumah tangga Amerika Serikat yang jumlahnya sebesar Rp964 juta per tahun.

Petani jauh lebih kaya.


Fig 01- Petani cantik di dalam traktornya (credit to Patreon)

Kenapa petani Amerika bisa lebih kaya?

Karena bantuan pemerintah!”

Mengapa pemerintah Amerika membantu petani?

Pemerintah mencintai petani, dan menikmati produk pertanian yang dihasilkan petani Amerika”

Oh, kalau begitu, apakah NKRI harga mati, eh, Amerika Serikat harga MATI?

Kok tanya saya? Mana saya ngerti yang begi begituan”

Kalau begitu, apa saja bantuan pemerintah Amerika kepada petani?


Fig 02- Chia seed, salah satu produk pertanian yang sedang trending

Bantuannya mulai dari penyediaan lahan, bibit, teknologi, kualitas SDM sampai ke subsidi dan pemasaran.

Hanya sekedar untuk mendapatkan gambaran:

1) Penyediaan lahan

- pemerintah meminjamkan atau menyewakan lahan untuk petani yang mau ekspansi, dan petani baru (anak muda yang mau jadi petani).


Fig 03- Blackberry, favorit istri, banyak di penghujung musim semi.

2) Bibit unggul

- semua tanaman komersial, ada bibit unggulnya: tahan hama, tahan lahan kering, tahan cuaca dingin, tinggi produksi dan sebagainya.
- riset bibit unggul terus dilaksanakan oleh universitas dan lembaga riset.


Fig 04- Jagung, harganya menjulang tinggi


3) Peningkatan kualitas SDM
- melalui kursus kursus yang dilakukan pemerintah dan lembaga lembaga terkait.


Fig 05- Anggur hitam, ada sepanjang musim

4) Bantuan teknologi
- traktor paling canggih dengan berbagai fasilitas modern di dalamnya, seperti alat pendingin, pemanas, komputer dengan internet wireless, alat komunikasi dengan pihak pihak terkait


Fig 06- Hanya ilustrasi saja


5) Subsidi
- bentuk subsidi pemerintah adalah membeli sebagian produk pertanian, untuk kemudian dijadikan sembako. Siapa saja yang merasa kurang mampu, bisa minta bantuan sembako.


Fig 07- Grafik perbandingan penghasilan petani dan rata rata orang Amerika

Selain petani, konsumen juga dapat subsidi. Double subsidy istilahnya. Beberapa bahan makanan pokok seperti kentang, terigu, gula disubsidi di tingkat konsumen, sehingga harganya terjangkau.


Fig 08- Daging yang siap dimasak

6) Bantuan ekspor

- untuk ekspor luar negeri, seperti produk beras, jagung, kedele, daging dan ayam, pemerintah Amerika Serikat melakukan perjanjian perdagangan dengan banyak negara.

Hanya sekedar mengingatkan, Poin 3) dan 4), ada saya singgung di posting ini:

Keseriusan pemerintah Amerika membuahkan hasil, dimana selain penghasilan petani meningkat, sektor pertanian juga menjadi sumber lapangan kerja untuk para pemuda dan devisa negara.

# Posting sebelumnya:

12 comments:

  1. Kalo di Amerika anak muda ada yang mau jadi petani ya. Kalo disini petani kebanyakan orang tua, yang muda para merantau ke Jakarta dan sekitarnya.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih murah beli beras yg sdh jadi daripada modal menanam padi 🤣

      Delete
    2. @Agus...
      fenomena negara berkembang.... pertanian ditinggalkan

      Thanks atas kunjungannya-
      Petani Kaya Raya dengan Penghasilan Rp1,14 Milyar di Amerika Serikat

      Delete
    3. @Jaey....
      kalau hasilnya 1 ton, apa dimakan semua?

      Thanks-
      Petani Kaya Raya dengan Penghasilan Rp1,14 Milyar di Amerika Serikat

      Delete
  2. petani indonesia juga sejahtera ko pak, sejahterabaikan maksudnya sejak dlu 😥😣😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih?

      Thanks-
      Petani Kaya Raya dengan Penghasilan Rp1,14 Milyar di Amerika Serikat

      Delete
    2. Petani Kaya Raya dengan Penghasilan Rp1,14 Milyar di Amerika Serikat

      Delete
  3. Di Indonesia mungkin ada juga bantuan tapi tanggung. Dikasi sapi misalnya tapi betina semua tak ada jantannya jadi tak berkembang. Dikasi bibit buah tapi akhirnya bibitnya mengering atau tak ada lahan tempat menanam atau tak tau cara perawatannya, dsb. Intinya tanggung2. Perlu pendamping kalau mau bantuan itu berhasil, soalnya masyarakat sepertinya masih awam soal bertani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip komennya....

      petani saja yang dikasi, jangan dikasi ke orang miskin yang miskin semuanya... atau dididik calon petani, yang mau bertani tentunya...

      Thanks-
      Petani Kaya Raya dengan Penghasilan Rp1,14 Milyar di Amerika Serikat

      Delete
  4. hiks....pemerintah sana mencintai petani sehingga segala sarana dan prasarana yang bisa menunjang produktivitas petani diperhatikan betul...istilahnya diberikan banyak kemudahan dalam banyak hal. Memang kuakui pak tanza, di sini harga jual dari petani langsung itu amatlah kurang sebanding dengan biaya produksi...kalau dibandingkan ama harga jual pas udah nyampe pedagang rentangnya itu bikin pend nangis huhuhu

    btw chia sheed memang sekarang banyak jadi alternatif cemilan sehat dan bisa divariasikan dengan tambahan lainnya hehe...salfoks dengan bentuk anggurnya, sepertinya manis banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemerintah juga banyak untungnya: bisa dapat pajak dan devisa...

      oh, sudah populer juga ya Chia seed... mantul... 👍👍👍

      Thanks atas kunjungannya-
      Petani Kaya Raya dengan Penghasilan Rp1,14 Milyar di Amerika Serikat

      Delete
  5. menakjubkan Petani Kaya Raya dengan Penghasilan Rp1,14 Milyar di Amerika Serikat

    ReplyDelete