Thursday, April 15, 2021

Lebih Murah Ayam Siap Santap daripada Ayam Mentah

Fig 01- Ayam panggang siap disantap

Hidup penuh dengan pilihan pilihan kalau kita bicara soal makan, dan setiap orang punya alasan masing masing dengan pilihannya.

Ada yang suka masak, maka dia akan beli “mentah,” masak sesuai dengan selera. Murah meriah dan fresh.

Banyak juga yang suka makan ditempat, apakah itu yang namanya:

- warung

- rumah makan

- franchise

- restoran

- dsb

Di Amerika, untuk yang tidak sempat baik untuk masak maupun nongkrong di restoran, ada banyak “warung” atau “groceries” istilahnya yang menyediakan makanan siap saji.

Harganya lebih murah daripada yang “mentah!” Loh, kok bisa?

Seberapa murahnya? 


Fig 02- Ayam panggang dipajang di grocery

Jika dirupiahkan, ayam panggang utuh seberat 1 kg:

- Rp 50 ribu


Fig 03- Ayam panggang dengan berbagai rasa

sementara ayam MENTAH, harganya dalam rupiah per kg:

- Rp 55 ribu

Saya cek di internet, harga ayam utuh yang mentah di Jakarta, Indonesia, kisarannya antara Rp42 ribu sampai Rp55 ribu.

Harga ayam panggang di Amerika “boleh” dikatakan bahkan lebih murah dibandingkan dengan ayam mentah di Indonesia!

Harga ayam panggang ini juga lebih murah dibandingkan dengan harga tahu organik:

- Sawan Fibrosis: Tahu Organik Mulai Digemari di Amerika Serikat (sawanfibrios.net)

Bagaimana menurut anda? Apakah menarik?

12 comments:

  1. Jadi pengen belanja makanan di AEON Mall hahaha :) Super komplit ya mas, sushi, ayam dll duuh ga kuat lihatnya. Iya, jatuhnya lebih murah, praktis tinggal hap. Kalau ayam utuh mentah di warung sayuran ada yang 40K, 45K. Malah yang 1 kg ayam utuh di Prima 35K hehehe.

    ReplyDelete
  2. waw ayamnya terlihat cukup montok dan berdaging...ayam panggang hangat dan sedikit sayuran terasa nikmat disantap saat masih panas. Thx for sharing :)

    ReplyDelete
  3. wow.. kok di amrik bisa murah banget ya. Padahal udah dipanggang pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, makanan banyak yang disubsidi, double subsidi: konsumen dan petani


      Thanks atas kunjungannya-
      Lebih Murah Ayam Siap Santap daripada Ayam Mentah
      -
      Fig 01- Ayam panggang siap disantap

      Hidup penuh dengan pilihan pilihan kalau kita bicara soal makan, dan setiap orang punya alasan masing masing dengan pilihannya.

      Ada yang suka masak, maka dia akan beli “mentah,” masak sesuai dengan selera. Murah meriah dan fresh.

      Banyak juga yang suka makan ditempat, apakah itu yang namanya:
      - warung
      - rumah makan
      - franchise
      - restoran
      - dsb

      Di Amerika, untuk yang tidak sempat baik untuk masak maupun nongkrong di restoran, ada banyak “warung” atau “groceries” istilahnya yang menyediakan makanan siap saji.

      Harganya lebih murah daripada yang “mentah!” Loh, kok bisa?
      Seberapa murahnya?

      Delete
  4. Banyak kok bbrp makanan yg jadi, malah LBH murah drpd beli mentahnya :D. Aku pribadi yaaa, LBH suka beli jadi. Lah kalo beli mentahnya, mana harus diolah lagi, belum tentu enaak pula hahahah. Mubazir yg ada kebuang mas.

    Cm Krn di rumahku ada asisten yg jago masak, makanya skr LBH milih masak. Tp kalo si mbak asisten sdg pulang kampung, ya aku pasti beli ajaaa :D

    ReplyDelete
  5. Menarik banget, Mas Tanza. Terlebih bagi kami. Cuman untuk makan berdua. Enak beli siapnya saja. Daripada repot2 masak. Mahal pun gak apa2. Apalagi lebih murah dari mentahnya. Makannya gak seberapa.

    ReplyDelete
  6. sangat unik yang mas Tanza, kalau begini mah lebih baik beli ayam yang udah masak, harganya murah dan sudah di olah lagi, pasti lebih menguntungkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya.... begitulah di negara maju, hidup banyak pilihan .....


      Thanks atas kunjungannya-
      Lebih Murah Ayam Siap Santap daripada Ayam Mentah
      -
      Fig 02- Ayam panggang dipajang di grocery

      Jika dirupiahkan, ayam panggang utuh seberat 1 kg:
      - Rp 50 ribu

      Delete
  7. buat anak perantauan, kalau ayam panggang lebih murah malah asyik nih
    tinggal diangetin kasih bumbu dikit udah bisa dimakan hehe

    ReplyDelete
  8. Wah enak banget ya disana, ayam yang sudah matang malah lebih murah daripada mentah, kenapa bisa kebalik gitu ya.

    Disini ayam mentah ada yang harganya 30 ribu, tapi kalo sudah jadi ayam panggang jadi 50 ribu, soalnya ada sambel sama lalapan nya.

    ReplyDelete
  9. BEda tipis harganya, mending hajar langsung ya yang sudah matang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups....


      Thanks atas kunjungannya-
      Lebih Murah Ayam Siap Santap daripada Ayam Mentah
      -
      Fig 03- Ayam panggang dengan berbagai rasa

      sementara ayam MENTAH, harganya dalam rupiah per kg:
      - Rp 55 ribu

      Saya cek di internet, harga ayam utuh yang mentah di Jakarta, Indonesia, kisarannya antara Rp42 ribu sampai Rp55 ribu.

      Harga ayam panggang di Amerika “boleh” dikatakan bahkan lebih murah dibandingkan dengan ayam mentah di Indonesia!

      Harga ayam panggang ini juga lebih murah dibandingkan dengan harga tahu organik:
      - Sawan Fibrosis: Tahu Organik Mulai Digemari di Amerika Serikat (sawanfibrios.net)

      Bagaimana menurut anda? Apakah menarik?

      Delete