Saturday, April 24, 2021

Misteri Hilangnya Burung Pelatuk dan Hummingbird

Fig 01- Burung pelatuk atau “woodpecker.”

Suara burung mulai terdengar kira kira sejam sebelum matahari terbit, sambil “bersiul siul,” si burung mulai kelihatan meloncat sana sini bersamaan dengan munculnya mentari di belakang rumah kami.

Ada dua jenis burung yang saya tunggu tunggu sambil minum kopi pagi, yaitu: burung pelatuk dan hummingbirds

Ya, burung Pelatuk adalah si “woody pecker,” diantara film kartun yang saya dan anak saya gemari.

Hummingbirds” adalah burung paling kecil di dunia, lebih besar sedikit dari serangga.

Uniknya, burung “Hummingbirds” hanya ada di benua Amerika. Jika ingin melihatnya terbang di alam, ya, anda harus ke Amerika.

Dengan singgah di rumah saya ketika musim bunga, berarti anda bisa melihat satu satunya burung terkecil di dunia, tak ada di benua lain di muka bumi.

Ndak ada do di tempat lain, kata orang Pekanbaru. Nikmat apalagi yang ingin kau dustakan?


Fig 02- Burung hummingbird di sekitar perumahan.


Fig 03- Pohon yang ditebang

Baik burung Pelatuk maupun si “Hummingbirds” menghilang, tidak pernah berkunjung ke halaman belakang rumah lagi dalam beberapa tahun ini.

Apa penyebab hilangnya burung Pelatuk dan hummingbird?

Sebenarnya, baik Pelatuk dan Hummingbird, tidak termasuk dalam daftar hewan langka.

Dan nyatanya masih bisa ditemui di perumahan kami, walaupun jumlahnya sudah berkurang, dibandingkan dengan 5 tahun lalu.

Kenapa bisa menghilang dari belakang rumah?

Setelah pikir pikir, inilah penyebab utamanya:

1) Tiga pohon di depan rumah sudah dipotong

2) Dua pohon tetangga kiri rumah juga ditebang

3) Lebih dari 5 pohon tinggi besar tetangga kanan rumah dibabat atau diterjabg badai.

Pohon pohon yang jadi sumber makanan dan tempat berlindung sudah sangat berkurang.

Maka, banyak burung yang mencari makan atau perlindungan di tempat lain, dan ada beberapa yang tanpa “kabar berita”. Lesap, tidak ada yang kembali!

# Tulisan dalam bahasa Inggris

- Health and Dynamic Life: Red-bellied Woodpecker in Neighborhood - Nature and Wildlife 32 .

10 comments:

  1. Pohon pohon yang jadi sumber makanan dan tempat berlindung sudah sangat berkurang.

    Betul banget

    ReplyDelete
  2. Weih ..., unik ya, Mas Tanza. Burung terkecil di dunia sedikit lebih besar daripada serangga. Ntar kalau pulang dibawa bibitnya, Mas. Biar dia berkembang biak di negeri kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.... mungkin mati, karena kita daerah tropis....


      Thanks atas kunjungannya-
      Misteri Hilangnya Burung Pelatuk dan Hummingbird
      -
      Fig 01- Burung pelatuk atau “woodpecker.”

      Suara burung mulai terdengar kira kira sejam sebelum matahari terbit, sambil “bersiul siul,” si burung mulai kelihatan meloncat sana sini bersamaan dengan munculnya mentari di belakang rumah kami.

      Ada dua jenis burung yang saya tunggu tunggu sambil minum kopi pagi, yaitu: burung pelatuk dan hummingbirds

      Ya, burung Pelatuk adalah si “woody pecker,” diantara film kartun yang saya dan anak saya gemari.

      “Hummingbirds” adalah burung paling kecil di dunia, lebih besar sedikit dari serangga.

      Uniknya, burung “Hummingbirds” hanya ada di benua Amerika. Jika ingin melihatnya terbang di alam, ya, anda harus ke Amerika.

      Dengan singgah di rumah saya ketika musim bunga, berarti anda bisa melihat satu satunya burung terkecil di dunia, tak ada di benua lain di muka bumi.

      Ndak ada do di tempat lain, kata orang Pekanbaru. Nikmat apalagi yang ingin kau dustakan?

      Delete
  3. dulu aku penggemar kartun woody woodpacker di sctv dengan suara tawa khasnya yang menggemaskan...sayang seribu sayang habitatnya yang ada di pohon pohon kian terkikis ya, menyebabkan burung pelatuk dan hummingbird yang cantik kehilangan rumah terbaiknya

    ReplyDelete
  4. Waah .. , ck ck ck ..., entri burung hummingbird ini bikin aku kepingin terbang ke Amerika deh!.

    Boleh ngga buat watchingbird aku numpang singgah di rumah mr. Tanza ...,, *Ngarep, hahaha ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas, tapi nginepnya bayar.😁

      Delete
    2. hehehe.... you are very welcome...


      Thanks atas kunjungannya-
      Misteri Hilangnya Burung Pelatuk dan Hummingbird
      -
      Fig 01- Burung pelatuk atau “woodpecker.”

      Suara burung mulai terdengar kira kira sejam sebelum matahari terbit, sambil “bersiul siul,” si burung mulai kelihatan meloncat sana sini bersamaan dengan munculnya mentari di belakang rumah kami.

      Ada dua jenis burung yang saya tunggu tunggu sambil minum kopi pagi, yaitu: burung pelatuk dan hummingbirds

      Ya, burung Pelatuk adalah si “woody pecker,” diantara film kartun yang saya dan anak saya gemari.

      “Hummingbirds” adalah burung paling kecil di dunia, lebih besar sedikit dari serangga.

      Uniknya, burung “Hummingbirds” hanya ada di benua Amerika. Jika ingin melihatnya terbang di alam, ya, anda harus ke Amerika.

      Dengan singgah di rumah saya ketika musim bunga, berarti anda bisa melihat satu satunya burung terkecil di dunia, tak ada di benua lain di muka bumi.

      Ndak ada do di tempat lain, kata orang Pekanbaru.

      Nikmat apalagi yang ingin kau dustakan?

      Delete
  5. Memang pohon2 harus tetap ada supaya si burung ga pergi ke mana2 :D Bingung mereka mencari tempat tinggal dan berteduh. Jadi pundung ga pulang lagi hehehe :D

    ReplyDelete
  6. Jadi pengin lihat burung pelatuk seperti apa, memang ingatnya kalo burung pelatuk ya Woody woodpacker.😁

    Burung hummingbird, pernah baca tentang burung ini tapi sayangnya belum pernah lihat langsung.😂

    Jadi penyebab utama burung itu mulai jarang karena banyak pohon ditebang atau tumbang karena badai ya. Serba salah ya, kalo banyak pohon takutnya kalo ada badai besar bisa bahaya roboh menimpa rumah, tapi kalo ngga ada burung jarang datang.

    Kalo disini aku sering lihatnya burung emprit yang suka makan padi di sawah kang, banyak sampai puluhan.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.... nggak laku kalii, makanya banyak burung emprit...


      Thanks atas kunjungannya-
      Misteri Hilangnya Burung Pelatuk dan Hummingbird
      -
      Fig 01- Burung pelatuk atau “woodpecker.”

      Suara burung mulai terdengar kira kira sejam sebelum matahari terbit, sambil “bersiul siul,” si burung mulai kelihatan meloncat sana sini bersamaan dengan munculnya mentari di belakang rumah kami.

      Ada dua jenis burung yang saya tunggu tunggu sambil minum kopi pagi, yaitu: burung pelatuk dan hummingbirds

      Ya, burung Pelatuk adalah si “woody pecker,” diantara film kartun yang saya dan anak saya gemari.

      “Hummingbirds” adalah burung paling kecil di dunia, lebih besar sedikit dari serangga.

      Uniknya, burung “Hummingbirds” hanya ada di benua Amerika. Jika ingin melihatnya terbang di alam, ya, anda harus ke Amerika.

      Dengan singgah di rumah saya ketika musim bunga, berarti anda bisa melihat satu satunya burung terkecil di dunia, tak ada di benua lain di muka bumi.

      Ndak ada do di tempat lain, kata orang Pekanbaru. Nikmat apalagi yang ingin kau dustakan?

      Delete