Tuesday, April 20, 2021

Cairan Seharga Rp140 milyar per Liter

Fig 01- Kalajengking (credit to shutterstock).

Kita semua pasti tau hewan yang bernama kalajengking atau scorpion, punya sengat yang menyebabkan rasa sakit, dah bahkan beberapa jenis hewan ini bisa membunuh manusia.

Ada sekitar 2.000 species scorpion di seluruh dunia, tapi hanya sekitar 30 sampai 40 jenis yang mengancam nyawa manusia.

Di Amerika, satu satunya species yang bisa “membunuh” manusia disebut “bark scorpion” dengan nama latin Centruroides sculpturatus.

Spesies ini hidup terutama di Arizona, tapi juga bisa ditemui di daerah:

- New Mexico

- southern Utah

- southern Nevada

- Mexico, include the states such as Chihuahua and Sonora.

Mengejutkan, ternyata “racun” kalajengking dalam bentuk “cairan” adalah cairan yang paling mahal di dunia.

Kenapa harganya bisa mencapai angka Rp140 milyar per liter?


Fig 02- Bunga Magnolia, siap siap untuk mekar


Fig 03- Rumah serangga.

Alasan paling utama kenapa cairan racun kalajengking sangat mahal, karena sangat berguna dalam dunia kedokteran.

Racunnya mengandung senyawa kimia penting yang disebut dengan istilah “Chlorotoxin.” Senyawa ini punya kemampuan:

- mengikat sel kanker di lokasi sulit terjangkau yaitu di dalam sel otak dan “spinal cord.”

Sehingga, dengan menggunakan “Chlorotoxin,” ilmuwan dan ahli kesehatan bisa mendeteksi lokasi dan mengukur kanker secara tepat.

Kemudian, ilmuwan bisa mengembangkan metode untuk mengendalikan dan kemungkinan mengobati kanker tersebut.

# Tulisan dalam bahasa Inggris:

- Health and Dynamic Life: US$39 Million per Gallon Liquid – Economics 14

14 comments:

  1. Wah, manfaat dan harganya sungguh fantastis. Apakah spesies kalajengking "bark scorpion" jadi semakin diburu setelah ada hasil riset ini??

    ReplyDelete
  2. Wah jadi ingat zaman kampanye pilpres 2019. Saat Jokowi menyenggol manfaat racun kala jengking untuk kesehatan. Lawan politiknya membully habis-habisan. Selamat malam dari tanah air, Mas Tanza.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar... masih ingat ya?....hehehe


      Thanks atas kunjungannya-
      Cairan Seharga Rp140 milyar per Liter
      -
      Fig 01- Kalajengking (credit to shutterstock).

      Kita semua pasti tau hewan yang bernama kalajengking atau scorpion, punya sengat yang menyebabkan rasa sakit, dah bahkan beberapa jenis hewan ini bisa membunuh manusia.

      Ada sekitar 2.000 species scorpion di seluruh dunia, tapi hanya sekitar 30 sampai 40 jenis yang mengancam nyawa manusia.

      Di Amerika, satu satunya species yang bisa “membunuh” manusia disebut “bark scorpion” dengan nama latin Centruroides sculpturatus.

      Spesies ini hidup terutama di Arizona, tapi juga bisa ditemui di daerah:
      - New Mexico
      - southern Utah
      - southern Nevada
      - Mexico, include the states such as Chihuahua and Sonora.

      Mengejutkan, ternyata “racun” kalajengking dalam bentuk “cairan” adalah cairan yang paling mahal di dunia.

      Kenapa harganya bisa mencapai angka Rp140 milyar per liter?

      Delete
  3. 140 miliar perliter, luar biasa, ngumpulin 1 liter butuh berapa lama ya,..he-he, sepertinya harus mulai ternak kalajengking nih

    ReplyDelete
  4. Wah luar biasa ya, racun kalajengking yang tadinya berbahaya ternyata berguna juga buat dunia kedokteran. Pantesan clorotoxin harganya sampai 140 miliar perliter. Kira-kira perlu berapa ribu kalajengking ya biar dapat seliter?

    Kemarin aku juga lihat kalajengking disini kang dan langsung aku buang karena takut menggigit, kira kira kalajengking di Indonesia berbahaya tidak ya? Kecil sih tidak terlalu besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasarkan literatur yang ada bahwa TIDAK ada Kalajengking yang mematikan


      Thanks atas kunjungannya-
      Cairan Seharga Rp140 milyar per Liter
      -
      Fig 02- Bunga Magnolia, siap siap untuk mekar

      Delete
  5. gak heran sih sebernya kenapa bias mahal ya. selain karena berguna dan juga yang bias dihasilkan seekor kalajengking paling hanya berapa cc. butuh banyak banget kalajengking untuk bisa mencapai seliter.

    ReplyDelete
  6. Ajegile itu mahal amat cairan sliter doang wkwkw, tapi sebenernya nggak begitu mengherankan sih, karena butuh berapa kalajengking itu dan manfaatnya juga mantap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup...100% true...


      Thanks atas kunjungannya-
      Cairan Seharga Rp140 milyar per Liter
      -
      Fig 03- Rumah serangga.

      Alasan paling utama kenapa cairan racun kalajengking sangat mahal, karena sangat berguna dalam dunia kedokteran.

      Racunnya mengandung senyawa kimia penting yang disebut dengan istilah “Chlorotoxin.” Senyawa ini punya kemampuan:
      - mengikat sel kanker di lokasi sulit terjangkau yaitu di dalam sel otak dan “spinal cord.”

      Sehingga, dengan menggunakan “Chlorotoxin,” ilmuwan dan ahli kesehatan bisa mendeteksi lokasi dan mengukur kanker secara tepat.

      Kemudian, ilmuwan bisa mengembangkan metode untuk mengendalikan dan kemungkinan mengobati kanker tersebut.

      # Tulisan dalam bahasa Inggris:
      - Health and Dynamic Life: US$39 Million per Gallon Liquid – Economics 14

      Delete
  7. Waduh pasti untuk mengumpulkannya membutuhkan banyak kalajengking

    ReplyDelete
  8. Waduh pasti untuk mengumpulkannya membutuhkan banyak kalajengking

    ReplyDelete
  9. Oh my God .. , so fantastic harganya!!!.

    Waduh, kalau tau harganya selangit begitu ongin deh rasanya berkebun bunga Magnolia ..., tapi sepwrtinya bakalan sulit hidup di Indo.

    I had following you, mr Tanza.
    Cheers

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....
      just try it


      Thanks atas kunjungannya-
      Cairan Seharga Rp140 milyar per Liter
      -
      Fig 01- Kalajengking (credit to shutterstock).

      Kita semua pasti tau hewan yang bernama kalajengking atau scorpion, punya sengat yang menyebabkan rasa sakit, dah bahkan beberapa jenis hewan ini bisa membunuh manusia.

      Ada sekitar 2.000 species scorpion di seluruh dunia, tapi hanya sekitar 30 sampai 40 jenis yang mengancam nyawa manusia.

      Di Amerika, satu satunya species yang bisa “membunuh” manusia disebut “bark scorpion” dengan nama latin Centruroides sculpturatus.

      Spesies ini hidup terutama di Arizona, tapi juga bisa ditemui di daerah:
      - New Mexico
      - southern Utah
      - southern Nevada
      - Mexico, include the states such as Chihuahua and Sonora.

      Mengejutkan, ternyata “racun” kalajengking dalam bentuk “cairan” adalah cairan yang paling mahal di dunia.

      Kenapa harganya bisa mencapai angka Rp140 milyar per liter?

      Delete