Monday, March 22, 2021

Martabak Amerika Serikat yang Disebut Quesadilla

Fig 01- Quesadilla yang dipotong dua.

Di negara kita banyak kosa kata yang merujuk ke martabak, diantaranya:

- martabak manis

- martabak mesir

- martabak telor


Serupa, tapi tak sama, ada juga yang namanya “martabak” di Amerika. Quesadilla, dimodifikasi dari negeri asalnya, Amerika Latin.

Dasar makanan ini adalah lempengan bulat dan tipis dari bahan:

- tepung terigu

- tepung jagung.


Kami mencoba membuat sendiri “martabak” yang disebut Quesadilla. Adik beradik “martabak” ini:

- fajitas

- tacos

- burritos

- enchiladas.


Fig 02- Quesadilla yang belum dikasi apa apa

Apa beda antara Quesadilla, fajitas, tacos, burritos dan enchiladas?

Boleh dikatakan tidak ada, menurut saya.


Fig 03- Sour cream, semacam pelengkap

Kenapa diberi nama yang berbeda beda?

Barangkali, biar seru aja!


Fig 04- Quesadilla yang disantap bersama tomat dan avocado.

Namun demikian, adalah, dikit dikit bedanya. Perbedaan dikit itu pada bentuk dan bahan cangkang. Ada yang crispy ada yang kayak martabak telor atau martabak mesir.

Cangkang atau lempengan bulat tipis Quesadilla ada dijual di pasar. 80 keping (lempengan) cuma US$ 3 (Rp 42 ribu). Satu kepingnya tak sampai Rp 500. Murah meriah.

Perbedaan lain adalah di “isi” si “martabak.”

Karena buat sendiri, isi martabak Quesadilla tentu saja suka suka kami atau sesuai dengan selera kami:

- racikan ayam bakar

- keju cheddar

- minyak zaitun

- irisan bawang bombay

- tepung cabe

- cumin

- oregano kering.


Enak…. Yummy... Kalau tidak percaya, ya silakan dicoba!


# Tulisan dalam bahasa Inggris:

A Very Simple Quesadilla and Vegetables.

13 comments:

  1. Gb 2, kayak roti canai yang belum dikasih kuah (Bumbu). Terima kasih telah berbagi, Mss Tanza

    ReplyDelete
  2. Duh, lihat gambarnya bikin lapar malem-malem gini :)))

    ReplyDelete
  3. aneka varian yang akdang suka mirip2 ya, banyak kok makanan yang mirip dengan makanan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukti bahwa kita, setiap bangsa saling bersinggungan.....


      Thanks atas kunjungannya-
      Martabak Amerika Serikat yang Disebut Quesadilla
      -
      Fig 01- Quesadilla yang dipotong dua.

      Di negara kita banyak kosa kata yang merujuk ke martabak, diantaranya:
      - martabak manis
      - martabak mesir
      - martabak telor

      Serupa, tapi tak sama, ada juga yang namanya “martabak” di Amerika. Quesadilla, dimodifikasi dari negeri asalnya, Amerika Latin.

      Dasar makanan ini adalah lempengan bulat dan tipis dari bahan:
      - tepung terigu
      - tepung jagung.

      Kami mencoba membuat sendiri “martabak” yang disebut Quesadilla. Adik beradik “martabak” ini:
      - fajitas
      - tacos
      - burritos
      - enchiladas.

      Delete
  4. Martabaknya terlihat unik ya mas, martabak amerika memang sedikit berbeda dengan martabak Indonesia, yang rata-rata ukurannya super jumbo ☺

    ReplyDelete
  5. Waaah ternyata di Amerika ada martabak juga yaa pak 😀😅

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. yups..


      Thanks atas kunjungannya-
      Martabak Amerika Serikat yang Disebut Quesadilla
      -
      Fig 02- Quesadilla yang belum dikasi apa apa

      Apa beda antara Quesadilla, fajitas, tacos, burritos dan enchiladas?

      Boleh dikatakan tidak ada, menurut saya.

      Delete
  7. Ah terjawab jg satu pertanyaan saya. Teryata keempatnya itu sama aja.
    Soalnya pernah beli taco , lalu dikasih burrito oleh teman dlm hati ngebatin (koq sama?) Pikir saya, mungkin Krn Made in Indonesia udah dimodifikasi rasa dan isiannya

    ReplyDelete
  8. Pas lihat gambar pertamanya aku nyeletuk dalam hati kok swkilas tampilannya mirip taco ..., eeeh .. ternyata bener kalao mereka 'kakak beradik'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mas hima, jika di perhatikan sekilas martabaknya memang mirip taco yang ada di meksiko

      Delete
    2. @Himawan....
      yups....100% benar...hehehe


      Thanks atas kunjungannya-
      Martabak Amerika Serikat yang Disebut Quesadilla
      -
      Fig 03- Sour cream, semacam pelengkap

      Kenapa diberi nama yang berbeda beda?

      Barangkali, biar seru aja!

      Delete
  9. Oh di Amerika martabak namanya Quesadilla ya, tapi bentuknya agak beda, kalo martabak biasa warna nya coklat.

    Disini juga ada martabak mini yang jualan nya keliling, murah cuma 2000 saja, mungkin karena kampung kali, padahal aku pernah lihat di mall harganya 15k, cuma memang yang di mall besar sedikit.

    ReplyDelete