Saturday, March 13, 2021

Vaksin Covid 19 Semprot Melalui Hidung Untuk yang Takut Suntik

Fig 01- Vaksin Covid 19 metode semprot (spray), credit to thenewsstand.

Takut disuntik vaksin Covid 19?

Takut JARUM suntik?

Ketakutan terhadap jarum suntik, memang banyak terjadi di negara negara berkembang.

Ada banyak alasan, diantaranya “multi” pemakaian jarum, sehingga sangat “tumpul” pada orang yang dapat giliran terakhir. Dan tentu saja sangat sakit.

Ilmuwan menjawab hal ini dengan mengembangkan vaksin Covid 19 tanpa suntikan. Dengan semprotan langsung ke hidung, sehingga rasa sakit jarum suntik hilang serta merta.

Negara negara yang terlibat dalam pengembangan vaksin semprot:

- USA

- Finland

- UK

- India

- China


Fig 02- Bunga cherry, hanya ilustrasi

Negara Finlandia berada di garis depan. Ilmuwan salah satu negara Skandinavia ini telah berhasil dan uji laboratorium dengan menggunakan hewan sebagai model.


Fig 03- Pohon yang rantingnya ditutupi es, hanya ilustrasi.

Uji klinik terhadap manusia akan segera dilaksanakan beberapa minggu depan oleh Rokote Laboratories Finland Ltd (SciTech Daily, MARCH 8, 2021).

Selain tidak memakai jarum suntik, vaksin semprot ini memiliki beberapa keunggulan:

- lebih efektif mengontrol transmisi corona virus.

- mengenai sasaran virus covid 19 yang menginfeksi “membrane” mukosa.

- menstimulus system kekebalan untuk memproduksi protein khusus dalam darah dan hidung untuk menyerang corona virus.

- lebih murah

- tidak membutuhkan freezer atau kulkas untuk menyimpan vaksin.

- mudah untuk didistribusikan


Amerika juga berhasil mengembangkan vaksin metoda semprot, dan sekarang dalam tahap uji coba klinik pada manusia.

Vaksin sedang diuji coba pada 180 individu yang berusia antara 18 tahun sampai 55 tahun. Hasilnya akan segera diketahui.

Sebenarnya, banyak vaksin sudah memakai metode semprot atau tetes, diantaranya vaksin flu yang ada di Inggris dan Amerika Serikat.

Vaksin semprot ke hidung ini pertama untuk melawan virus covid 19. Semoga pandemi segera berakhir di dunia.

# Tulisan dalam bahasa Inggris:

- Advantages of Nasal Spray Vaccine for Covid 19 Virus - Science and Technology 7.

13 comments:

  1. Hidungku sinus dan sering mampet T.T

    kayaknya lebih cocok untuk di suntik aja bang kwkwk

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. e-mailnya hampir tak pernah dibuka...


      Thanks atas kunjungannya-
      Vaksin Covid 19 Semprot Melalui Hidung Untuk yang Takut Suntik
      -
      Fig 01- Vaksin Covid 19 metode semprot (spray), credit to thenewsstand.

      Takut disuntik vaksin Covid 19?

      Takut JARUM suntik?

      Ketakutan terhadap jarum suntik, memang banyak terjadi di negara negara berkembang.

      Ada banyak alasan, diantaranya “multi” pemakaian jarum, sehingga sangat “tumpul” pada orang yang dapat giliran terakhir. Dan tentu saja sangat sakit.

      Ilmuwan menjawab hal ini dengan mengembangkan vaksin Covid 19 tanpa suntikan. Dengan semprotan langsung ke hidung, sehingga rasa sakit jarum suntik hilang serta merta.

      Negara negara yang terlibat dalam pengembangan vaksin semprot:
      - USA
      - Finland
      - UK
      - India
      - China

      Delete
  4. Kalau ada metode tetes saya mau banget, soalnya kalau disuntik takut sih nggak cuman degdegan, hihihi...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. untuk yang takut jarum suntik cocok banget nih,..tidak sakit dan tidak harus lari tunggang langgang ketika mau di suntik, tapi penasaran dengan rasa dan aroma vaksinnya, mungkin tidak ya pedas ketika terkena hidung

    ReplyDelete
  7. wah bisa jadi alternatif ini ta Pak, vaksi semprot tidak via jarum suntik yang panjang itu, dan harganya lebih murah pula...satu inovasi yang patut diapresiasi dalam ranah dunia medis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja hasil uji cobanya cepat rampung...


      Thanks atas kunjungannya di-
      Vaksin Covid 19 Semprot Melalui Hidung Untuk yang Takut Suntik
      -
      Fig 02- Bunga cherry, hanya ilustrasi

      Negara Finlandia berada di garis depan. Ilmuwan salah satu negara Skandinavia ini telah berhasil dan uji laboratorium dengan menggunakan hewan sebagai model.

      Delete
  8. Hebat nich inovasi dari negara-negara maju.. Jadi solusi yang baij buat ornag yang phobia terhadap jarum suntik.
    Semoga aja vaksin semprot bisa nyampai di Indonesia. Salut buat penemu vaksin semprot.

    ReplyDelete
  9. Wah, keren nih penemuan vakson semprot covid-19. Tapi kenapa ya banyak orang takut sama jarum suntik? Aku alhamdulillaah woles aja. Dulu pas mau umroh malah lengan atas kanan divaksin meningitis dan kiri vaksin flue hahaha..bukan sombong sih wlwlwl emang pegel tapi ga takut. Yang kutakuti kalau jari tangan ditusuk cek cara beuuhhh..mendingan ambil yang banyak di lengan..saluran pembuluh darah aja.

    ReplyDelete
  10. Ngomongi soal jarum yang katanya "tumpul" karena "multi" pemakaian, padahal sebenarnya ngga ada. Karena sop jarum suntik itu hanya untuk sekali pakai. Tapi itu hanya sebagian dari alasan, yg namanya takut, mau bagaimana lagi. Tentu vaksin semprot ini jadi solusi yang lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semestinya satu kalai pakai aja .....


      Thanks atas kunjungannya-
      Vaksin Covid 19 Semprot Melalui Hidung Untuk yang Takut Suntik
      -
      Fig 03- Pohon yang rantingnya ditutupi es, hanya ilustrasi.

      Uji klinik terhadap manusia akan segera dilaksanakan beberapa minggu depan oleh Rokote Laboratories Finland Ltd (SciTech Daily, MARCH 8, 2021).

      Selain tidak memakai jarum suntik, vaksin semprot ini memiliki beberapa keunggulan:
      - lebih efektif mengontrol transmisi corona virus.
      - mengenai sasaran virus covid 19 yang menginfeksi “membrane” mukosa.
      - menstimulus system kekebalan untuk memproduksi protein khusus dalam darah dan hidung untuk menyerang corona virus.
      - lebih murah
      - tidak membutuhkan freezer atau kulkas untuk menyimpan vaksin.
      - mudah untuk didistribusikan


      Amerika juga berhasil mengembangkan vaksin metoda semprot, dan sekarang dalam tahap uji coba klinik pada manusia.

      Vaksin sedang diuji coba pada 180 individu yang berusia antara 18 tahun sampai 55 tahun. Hasilnya akan segera diketahui.

      Sebenarnya, banyak vaksin sudah memakai metode semprot atau tetes, diantaranya vaksin flu yang ada di Inggris dan Amerika Serikat.

      Vaksin semprot ke hidung ini pertama untuk melawan virus covid 19. Semoga pandemi segera berakhir di dunia.

      # Tulisan dalam bahasa Inggris:
      - Advantages of Nasal Spray Vaccine for Covid 19 Virus - Science and Technology 7.

      Delete