Saturday, March 2, 2019

Pilpres 2019: Amazon Vs Sandiaga Uno

Ide cemerlang Paslon 02
Beberapa tahun yang lalu, masyarakat dunia menebak nebak, siapa dan dari negara mana diantara orang terkaya yang bisa menembus harta kekayaan sebesar US$ 100 milyar (Rp 1.400 Triliun?).
Ternyata orang pertama di dunia yang bisa menembus angka Rp1.400 Triliun adalah Jeff Bezos, warga negara Amerika Serikat, pemilik perusahaan Amazon. Sekarang harta kekayaan Jeff adalah Rp1.600 Triliun.
Berapa duit Rp1.600 Triliun itu? Jelasnya, lebih besar dari belanja pemerintah RI yang berkisar Rp1.400 Triliun tahun 2018. Jika dibandingkan dengan rata rata APBD propinsi di Sumatra, bisa untuk 300 tahun atau 3 abad APBD.
Terus, apa hubungan antara Sandiaga Uno dan Amazon (perusahaan milik Jeff Bezos, orang kaya di dunia?). Jeff Bezos “cuma” punya dua ide yaitu: rantai distribusi dan amannya pasokan.
Sementara itu, Sandiaga Uno punya ide ke-3 yaitu produksi LOKAL. Kenapa produksi LOKAL? Karena akan lebih murah jika juga memanfaatkan bahan baku LOKAL dan tenaga kerja LOKAL.
Produksi LOKAL adalah KELEMAHAN yang takkan bisa diatasi oleh Jeff Bezos, karena produksi lokal berarti mahal. Ongkos produksi lokal di Amerika Serikat termasuk yang mahal di dunia.
Untuk sekedar informasi, bagi yang belum tahu, Sandiaga Uno menamatkan studi S1 (Sarjana) dan S2 (Master) di Amerika Serikat. Nilai kuliah S2 adalah A semua alias IPK 4.0. Perfect. Sempurna. Disamping itu beliau pernah bekerja di Canada.
Wajar wajar saja, kalau Sandiaga Uno punya pikiran lebih CEMERLANG daripada Jeff Bezos, karena pendidikan Jeff hanya S1 dan TAK PERNAH bekerja di negara industri lainnya.
Kalau masyarakat dunia dengan berdebar menebak nebak siapa yang bisa punya duit Rp1.400 Triliun pertama di dunia. Apakah rakyat Indonesia TIDAK tertarik bersama sama Prabowo-Sandi bahu membahu mengalahkan “ide ide” manusia terkaya di muka bumi?

2 comments: