Sawan Fibrosis: Tom Lembong Tentang Semua Dapat Pensiun dan Mengurangi Hutang

Thursday, February 1, 2024

Tom Lembong Tentang Semua Dapat Pensiun dan Mengurangi Hutang

 Sebenarnya ide tentang semua orang Indonesia bisa dapat uang pensiun sudah saya tulis pada posting lalu.


Image - Pensiun untuk semua (credit to Detik).

Silahkan anda baca kembali posting tersebut:

Tom Lembong, sempat menjadi trending topik berhari hari di Twitter (X), karena disebut berulang ulang oleh Gibran Rakabuming dalam debat cawapres terakhir.

Kemudian mengundang "perdebatan" dari netizen dan dua menteri kabinet presiden Jokowi yaitu  Luhut Binsar Panjaitan (Menko Maritim dan Investasi) dan Bahlil Lahadia (Menteri Investasi)

# Posting penting:

Terus, apa ide Tom Lembong tentang semua orang Indonesia bisa dapat pensiun dan bagaimana pula cara mengurangi hutang luar negeri Indonesia?

Tom Lembong adalah salah satu anggota dari Timnas pemenangan AMIN, baru baru ini dalam sebuah Podcast mengemukakan ide tentang cara cara Indonesia mengurangi ketergantungan hutang LN.

Ide seperti ini sudah diterapkan oleh Amerika Serikat, kemudian dicontoh oleh tetangga kita yaitu Malaysia dan Singapura.

Tom memberi contoh Singapura, dimana melalui CPF (Central Provident Fund), pemerintah Singapura bisa mengurangi hutang luar negeri dengan "meminjam" uang yang terkumpul di CPF.

Singapura juga adalah pemberi hutang TERBESAR untuk Indonesia: Singapura Memberi Hutang dari Hasil Ekspor Beras ke Indonesia – Tibak 53

Bagaimana cara pemerintah Singapura mengumpulkan uang rakyat melalui CPF?

Semua pekerja Singapura dipotong gajinya, kemudian uang potongan tersebut ditambah oleh perusahaan (uang perusahaan) tempat bekerja.

Misalnya, gaji karyawan dipotong 10%, kemudian perusahaan ngasi 12%. Total 22% ini diserahkan ke pemerintah Singapura untuk dikelola oleh CPF.

Setiap tahun pemerintah memberi 2,5%.

Tentu saja angka persentase ini berubah ubah tiap tahun, tergantung pada kondisi Ekonomi Singapura.

Nah, uang terkumpul itu, bisa dipakai oleh pemerintah Singapura sebagai sumber hutang, dan sekaligus untuk uang pensiun.

Jadi, pemerintah berhutang ke rakyat, dan semua rakyat sekaligus dapat pensiun.

Sebelum pensiun, rakyat juga bisa pakai uangnya yang di CPF itu untuk mencicil rumah (apartment) bersubsidi dan biaya berobat.

Kalau di Amerika, bisa juga dipakai untuk uang muka beli mobil dan biaya kuliah untuk anak anak.

Kesimpulannya, kampanye capres tidak perlu janji janji muluk, tetapi visi (pikiran) yang bisa dilaksanakan segera setelah terpilih, jika disetujui oleh DPR tentunya!

Itulah yang dikatakan kampanye gagasan dari Tinmas AMIN!!

# Posting sebelumnya:

10 comments:

  1. Semua orang berarti termasuk pengangguran juga kah? Lalu gaji apa yang dapat dipotong dari pengangguran soalnya pengangguran tak punya gaji.

    Ide bagus tuh, saya rasa tidak perlu harus siapa yang terpilih, siapapun yang terpilih tak ada salahnya ide-ide bagus direalisasikan saja, toh sudah terbukti berhasil di negara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya ada orang yang tidak pernah bekerja seumur hidupnya.....

      emangnya gampang memahami sebuah ide baik? dan kemudian melaksanakannya?..... misalnya, ide TIDAK impor beras yang baik itu bisa dilaksanakan oleh Jokowi?..... Ide mobil esemka itu juga bisa dilaksanakan?

      Delete
  2. Replies
    1. Have a great day-
      Tom Lembong Tentang Semua Dapat Pensiun dan Mengurangi Hutang

      Delete
  3. Aku rasa jika ide ini diterapkan di Indonesia bisa di demo para pekerja dan juga pengusaha. Dipotong pajak 5% bagi pekerja dengan gaji 5 juta perbulan saja banyak pekerja keberatan, maunya ya bebas pajak.uang 250 ribu lumayan lho bagi yang gajinya 5 juta.๐Ÿ˜‚

    Belum lagi pengusaha, apakah mereka akan tetap disini ataukah memilih kabur ke luar negeri yang iklim investasi nya lebih baik.

    Tapi sebenarnyaaku setuju dengan ide uang pensiun agar orang yang umurnya 60 tahun bisa santai di rumah. Jujur capek kerja terus tapi uangnya habis buat kebutuhan sehari-hari. Kalo ada dana pensiun ibaratnya sudah ada kepastian. Kerja umur 60 tahun rawan sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agus> 1> persentasenya yang dikurangi, misalnya 1% saja dari buruh, 2,5% dari pengusaha dan 2,5% dari pemerintah....

      Delete
    2. AGus>2> pajak penghasilan untuk buruh dan perusahaan dikurangi.....

      Delete
    3. Agus>3> atau persentasenya ditetapkan oleh buruh, pengusaha dan pemerintah...... kemudian disetujui oleh DPR...... # Ada banyak jalan untuk pensiun....๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Delete
  4. Sebelumnya saya tidak tahu Tom Lembong. Karena disebut-sebut Gibran, penasaran, terus googling. Baru tahu deh siapa Tom Lembong itu.

    Hebat juga ide-nya tentang pensiun...

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, semestinya semua negara bisa melakukannya.....

      Thanks-
      Tom Lembong Tentang Semua Dapat Pensiun dan Mengurangi Hutang

      Delete