Tuesday, February 23, 2021

Setelah Badai Salju Berlalu – Sampah Harus Dibersihkan

Fig 01- Gratis kopi dan charge listrik dari tetangga

Woii tetangga…. Kalau nggak mau membersihkan ranting dan pohon tumbang, jangan banyak omong, apalagi komplen. …. Jika bukan kita, siapa yang akan membersihkan jalan di depan rumah kita dari ranting dan pohon yang bergelimpangan itu?…. Hayo...siapa?”

Itulah kira kira ngomal ngomel emak emak di website milik perumahan kami. Ternyata emak emak di manapun berada, senjata utamanya: ngomel.

Tak semuanya “mengomel,” ada juga yang pintar muji: ”Tulus ikhlas kuucapkan terima kasih kepada tetangga, Michael Diamond yang telah bersusah payah menurunkan ranting ranting yang sangkut di Kanopi.”

Selanjutnya emak emak itu berucap: “Tak kurang ada 50 ranting yang telah diturunkan. Inilah yang membuat kami betah bermukim di perumahan ini, saling tolong menolong. Sekali lagi, terima kasih Michael Diamond.”

Ada pula yang menyiadakan minuman kopi hangat dan kue kue kecil diletak di depan rumahnya untuk yang “gotong royong.”

Terus, apakah tidak ada pegawai kebersihan kota untuk bersih bersih jalan?


Fig 02- Tumpukan ranting di tengah jalan

Sudah barang tentu ada petugas dari semacam dinas kebersihan kota. Mereka akan datang pada jadwal reguler.


Fig 03- Sampah plastik

Jadwal reguler untuk perumahan kami adalah:

- Hari Senin untuk sampah rumah tangga, plastik, kayu dan ranting.

- Hari Rabu untuk sampah rumah tangga saja  


Fig 04- Ranting dan daun berserakan menutupi jalan

Karena bencana, paling ada tambahan satu hari per minggu untuk mengangkut sampah yang berserak di mana mana. 


Fig 05- Sedang dicari tahu, apakah mobil ini termasuk sampah?

Kalau mengharap petugas kota, bisa sebulan pula jalan perumahan akan terhalang oleh batang pohon tumbang, dahan dan ranting.

Omelan emak emak, sebenarnya tidak asal ngomal ngomel, tapi memang saran walikota agar sampah sampah di tengah jalan agar dipinggirkan.

Kemudian dionggok berdasarkan jenis sampah:

- batang pohon, sebaiknya dipotong potong

- dahan, ranting dan daun

- sampah plastik

- sampah non organik lain seperti batery, kaleng dan besi.


Hal ini akan membantu petugas, sehingga gampang dan cepat diangkat pakai truck khusus.

Truck khusus ini pakai tangan robot. Si “tangan robot” akan cekatan memindahkan sampah yang sudah ditumpuk dan dipilah pilah.

Saat saya menulis ini, perumahan kami sudah bersih berkat “omelan” emak emak.

# Oh ya, mobil diatas belum diketahui apakah dikategorikan sampah atau bukan. Jika sampah, ya, lumayan juga.


## Tulisan dalam bahasa Inggris:

Snow Storm in Our City Baton Rouge – Nature 2

14 comments:

  1. ternyata emak emak sama saja ya pak, di negara sana pun bisa ngomel wkwkwk

    tapi ternyata abis hujan salju, sampah yang tersisa pun bisa berserakan ya...paling asyik kalau abis itu antar warga bisa gotong royong kebersihan

    ReplyDelete
  2. The powers of Emak-emaaks .., hahaha!.
    Nah itu namanya cerewet yang positif, koar-koar tapi demi tujuan baik.

    Ngiler lihat pembersihan pakai tangan robot, lantas aku tanya2 dalam hati kapan Indo akan ada robot pembersih untuk publik, yaa ..

    ReplyDelete
  3. wkwkw emak emak nya ada ada aja

    parah jg yaa pak, ranting dan dahannya jadi mengacaukan jalanan yaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitula di mana mana, kalau tidak diomeli, nggak mau memulai kerja bersih bersih

      Thanks atas kunjungannya-
      Setelah Badai Salju Berlalu – Sampah Harus Dibersihkan
      -
      Fig 01- Gratis kopi dan charge listrik dari tetangga

      “Woii tetangga…. Kalau nggak mau membersihkan ranting dan pohon tumbang, jangan banyak omong, apagi komplen. …. Jika bukan kita, siapa yang akan membersihkan jalan di depan rumah kita dari ranting dan pohon yang bergelimpangan itu?…. Hayo...siapa?”

      Itulah kira kira ngomal ngomel emak emak di website milik perumahan kami. Ternyata emak emak di manapun berada, senjata utamanya: ngomel.

      Tak semuanya “mengomel,” ada juga yang pintar muji: ”Tulus ikhlas kuucapkan terima kasih kepada tetangga, Michael Diamond yang telah bersusah payah menurunkan ranting ranting yang sangkut di Kanopi.”

      Selanjutnya emak emak itu berucap: “Tak kurang ada 50 ranting yang telah diturunkan. Inilah yang membuat kami betah bermukim di perumahan ini, saling tolong menolong. Sekali lagi, terima kasih Michael Diamond.”

      Ada pula yang menyiadakan minuman kopi hangat dan kue kue kecil diletak di depan rumahnya untuk yang “gotong royong.”

      Terus, apakah tidak ada pegawai kebersihan kota untuk bersih bersih jalan?

      Delete
  4. Mobilnya bagus lho, Pak *gagal fokus*

    ReplyDelete
  5. mobilnya bagus masa termasuk sampah sih :)

    ReplyDelete
  6. Wkwkwk emak emak ternyata sama saja ya, disana juga hobi ngomel, tapi itu demi kebaikan bersama ya.

    Itu karena badai salju kemarin itu ya pak, semoga semuanya vbisa normal lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, selain pohon tumbang menimpa tali listrik, ada juga menyebabkan kerusakan sejumlah rumah....


      Thanks atas kunjungannya-
      Setelah Badai Salju Berlalu – Sampah Harus Dibersihkan
      -
      Fig 02- Tumpukan ranting di tengah jalan

      Sudah barang tentu ada petugas dari semacam dinas kebersihan kota. Mereka akan datang pada jadwal reguler.

      Delete
  7. Bukan Emak-emak namanya kalau dia tidak bisa ngomel. Selamat malam, 2021.

    ReplyDelete
  8. jadi penasaran, emak-emak di sana kalau ngomel bagaimana ya, kalau yang enggak ngerti bahasa asing pasti santai saja,..he-he

    ReplyDelete
  9. Hahahaha...iya sih namanya juga emak2 kalo udah buka mulut uuuughhh syereeem yach :) Udrusan kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya kurasa ya secara bersama2 aja bareng tetangga2. Meskipun ada petugas khusus yang menangani kotornya area akibat bencana dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar....kalau tidak, bisa berlarut larutselesainya...

      Thanks-
      Setelah Badai Salju Berlalu – Sampah Harus Dibersihkan
      -
      Fig 03- Sampah plastik

      Jadwal reguler untuk perumahan kami adalah:
      - Hari Senin untuk sampah rumah tangga, plastik, kayu dan ranting.
      - Hari Rabu untuk sampah rumah tangga saja

      Delete
  10. Serangan pasif-agresif memang jurus yang paling saya suka sebagai emak-emak, hehe. Tapi kalo udah digituin enggak merasa juga, wah udah tobat deh.
    Mudah-mudahan kondisi kota kembali aman dan bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas kunjungannya-
      Setelah Badai Salju Berlalu – Sampah Harus Dibersihkan

      Delete