Sunday, January 20, 2019

Pilpres 2019: Prabowo-Sandi Menang Telak, Erick Thohir Kesal

Prabowo-Sandi, credit to Tempo

Dr Dave McRae dari The University of Melbourne, Australia (18 Januari 2019), ternyata punya pendapat yang sama dengan saya bahwa “the real star” debat Capres 2019 pertama adalah Sandiaga Uno.

Pendapat saya lebih duluan dibandingkan Dr Dave (silahkan baca tulisan saya. Tang 17 Januari 2019, Capres 2019: Sandiaga Uno Tampil Seperti Obama !). Saya bahkan menyamakan Sandiaga Uno dengan mantan Presiden Amerika, Barrack Obama

Sementara itu, Asia Times (edisi 19 Januari 2019) menyebutkan, Sandiaga Uno telah menyebabkan Jokowi dalam posisi “tidak nyaman” saat debat.

Selanjutnya, Asia Times mengatakan Jokowi melakukan “kesalahan fatal” dengan mengungkit bahwa Partai Gerindra punya caleg mantan koruptor, padahal partainya sendiri, PDIP adalah partai PALING korup dan ada satu orang caleg sebagai mantan koruptor. Partai partai lain juga punya catatan korupsi. Tak ada yang steril dari korupsi.

Prabowo dinilai telah “memukul” baik Jokowi dan Amin soal terorisme. Capres Prabowo menganggap akar terorisme adalah ketimpangan ekonomi. Jadi, teroris bisa datang dari agama apa saja dan siapa saja berpotensi menjadi teroris, kalau mereka tidak diperlakukan adil secara ekonomi.

Kata kunci: ekonomi, pekerjaan, kemakmuran, peluang dan kesempatan menjadi “echo” oleh Prabowo – Sandi sepanjang debat pertama capres 2019. Hal ini membuat geram Erick Thohir, ketua timses Jokowi - Amin.

Dalam sebuah interview stasiun TV, Erick Thohir kira kira berkata sebagai berikut:”loh...tema debat sekarangkan soal hukum, ham, korupsi dan terorisme, tapi kok Sandi ngomongnya dikit dikit ekonomi?”

Jawabnya, karena semuanya bersumber kepada satu kata “ekonomi.” Kalau sudah kaya raya, kemudian punya istri cantik dan baik, serta anak yang cerdas: ngapain jadi teroris? ; ngapain korupsi?; dan orang kaya gampang mendapatkan bantuan hukum !

Itulah cerdasnya Prabowo-Sandi mengangkat temuan di lapangan ke forum DEBAT. Sama cerdasnya dengan Barrack Obama!

Menurut semua koran yang saya baca, diantaranya: Haaretz (Israel); South China Morning Post (Hong Kong) dan The Sydney Morning Herald (Australia), memprediksi debat Capres 2019 berikutnya adalah ibarat “badai” buat Jokowi - Amin. Bisa bisa Jokowi-Amin “tersungkur” di depan panggung !

Kata kunci debat berikut adalah: defisit perdagangan terbesar sejak Indonesia merdeka; petani tebu rugi Rp2 triliun karena impor gula; dan bulog harus menyewa gudang puluhan milyar karena beras impor!

Hanya sebagai info, ILC mengatakan Prabowo-Sandi MENANG telak dalam debat pertama. Jadi nggak usah didengar “self claim” Jokower tentang siapa pemenang debat. Abaikan saja: ”anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu!”

2 comments:

  1. Replies
    1. Thanks:
      Pilpres 2019: Prabowo-Sandi Menang Telak, Erick Thohir Kesal
      -
      Prabowo-Sandi, credit to Tempo

      Delete