Saturday, September 19, 2020

Garage Sale – Jualan Murah Tetangga Pindah

Tetangga pindah, sebagian barangnya akan dijual

Orang Amerika Serikat biasa biasa saja pindah dari satu kota ke kota lainnya. 12 kali dalam hidup mereka berpindah dengan berbagai alasan. Diantaranya:

- pekerjaan

- gaya hidup

- menikmati hari tua

Jika ada yang pindah, dalam hal ini tetangga, biasanya barang barang mereka, apa saja, diklasifikasi sebagai berikut:

- barang yang disayangi akan dibawa pindah

- untuk barang masih bagus akan dijual ke tetangga atau ke siapa saja.

- yang jelek akan dibuang ke tempat sampah.

Ada dua istilah dalam hal jual menjual barang oleh tetangga untuk tetangga ini:

- Yard sale

- Garage sale


Barang dengan bahan kaca dan keramik

Jika barangnya banyak, biasanya dipajang di mana mana, termasuk di halaman depan dan belakang (Yard sale).

Garage sale hanya terbatas di garasi (mobil), kadang kadang juga di dalam rumahnya. Barang yang akan dijual tidak begitu banyak.

Berapa harganya?

Ya, harga tetangga dari GRATIS sampai US$ 1 – 30. Pokoknya dibawah US$ 50. Tergantung barang dan kualitas (usianya).

Hanya untuk contoh saja:

- barang barang yang berhubungan dengan dapur seperti piring, pisau, periuk dan peralatan dapur harganya GRATIS. Nol rupiah.

- buku buku juga GRATIS.

- Kulkas, Mesin cuci dan alat elektronik lain sekitar US$ 20 - 30 (Rp 300 ribu sampai Rp 450 ribu).

- Mesin pemotong rumput US10 (Rp 150 ribu). Harga baru di pasar diatas Rp 2 juta.


Harga harga ini bisa dinegosiasi, ya, namanya tetangga. Sekedar nyumbang, dan bantu bantu membersihkan rumah yang mau pindah.


11 comments:

  1. Oh murah juga ya, kulkas, mesin cuci dan barang elektronik lainnya cuma sekitar $20 sampai $30. Kalo beli barunya bisa 10 kali lipat ya pak. Enaknya kalo ada tetangga mau pindah lalu jual murah barangnya, mana ada yang gratis lagi.😀😀😀

    ReplyDelete
  2. waah ternyata gitu yaa budaya di Amerika. Menarik juga mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas Dodo pindah ke Amerika biar dapat barang gratis dan murah.😁

      Delete
  3. sekalian ya bantu-bantu tetangga ngurangin barang-barang yang enggak di bawa pindah. lebih untung lagi kalau tetangganya punya taste barang yang hampir mirip

    ReplyDelete
  4. Wah asyiknya orang Amerika kalau mau pindah rumah nggak ribet kayak di sini. Mereka milih untuk ngejal barang yang masih bagus . Malah barang peralatan rumah tangga dikasih gratis lagi. Bukujuga gratis. Barang elektronok djual sale besar-besaran lagi di bawah 50 US$. Selain praktis banget buat tetangga yang pindahan, bagi pembeli juga menguntungkan banget. Mantap.

    ReplyDelete
  5. Wah, asiiik ...
    Kapan ya tetangga rumahku ngadain garage sale seoerti di negara-negara Eropa atau juga di Amerika begini.

    Tapi kalau di negara barat, meskipun barang seken tetep saja kualitas barangnya masih bagus-bagus sih ya ..

    ReplyDelete
  6. 12x pindah dalam hidupnya? wowww nggak bisa bayangin. Kalau dah bosen, pindah gt x ya.huhuhu

    aduh barang2 yang dijual lumayan murah2 ya.pasti pengen borong yakkk...

    ReplyDelete
  7. Waaaah, enak kalau gini sih. Andai di sini ada budaya garage sale, bisa-bisa aku bakal sering keliling kampung buat berburu barang yang masih bagus di garage sale orang.😆

    ReplyDelete
  8. pernah liat di film2 barat,, ternyata aslinya juga emang gitu yaa.. dan harganya jauh lebih murah euy dari barunya.. kayanya aku juga kalau nanti pindah kota, boleh juga nih dicoba jualan di halaman rumah (selain di wag dan media online)

    ReplyDelete