Saturday, January 2, 2021

Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan

Fig 01- Daun yang berubah warna dan sudah gugur

Perbedaan musim gugur (Autumn atau Fall) dengan musim lainnya adalah perubahan pada daun daun:

- pertama, daun berubah warna dari hijau menjadi kuning

- dari kekuningan ada yang berubah menjadi merah dan coklat

- kemudian daun daun itu gugur semua

Mulai dan berakhirnya musim gugur tergantung daerah, semakin ke utara, semakin cepat.

Karena kami di selatan, musim gugur bisa sampai Desember akhir. Banyak pohon, daunnya barusan berubah warna. Sebagian ada yang sudah rontok.

Tapi, tidak semua pohon daunnya berubah warna, kemudian gugur. Ada yang masih tetap hijau sepanjang tahun.

Anda pasti tahu istilahnya, ya, evergreen. Jenis daun evergreen ini biasanya dipakai sebagai pohon “Christmas.”

Setelah gugur, musim berikutnya adalah musim dingin. Suhu bisa dibawah nol atau minus.


Fig 02- Pohon yang daunnya kemerahan

Sudah tiga tahun kota kami tidak turun salju, meskipun suhu pernah mencapai -2 (minus 2) derjat celsius, dibawah nol


Fig 03- Daun warna warni, ada yang masih hijau.

Tahun ini juga diperkirakan tidak akan ada salju turun. Paling paling ada lapisan es tipis di atas rumput.

Sebenarnya, saya sendiri tidak begitu suka dengan dingin. Salju hanya kelihatan indah saja, tapi dinginnya bikin menggigil.

Anak anak memang suka main salju. Jika punya tetangga banyak anak anak anak, pasti terdengar suara ribut di mana mana.

Happy new year! 

21 comments:

  1. Menurut pendapat mr.Tanza gimana lihat pemandangan musim gugur dan musim semi, amazing ya ?.

    Kalau aku, iyaaaa ....

    Soalnya seumur-umur belum pernah lihat secara langsung pohon serentak berubah warna dedaunannya.
    Cuma lihat di foto :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg, kang Himawan. Seumur-umur belum pernah melihat daun musim gugur gimana. Semoga suatu saat kesampaian yaaak 😀

      Delete
    2. @Himawan
      Thanks-
      Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan
      -
      Fig 01- Daun yang berubah warna dan sudah gugur

      Perbedaan musim gugur (Autumn atau Fall) dengan musim lainnya adalah perubahan pada daun daun:
      - pertama, daun berubah warna dari hijau menjadi kuning
      - dari kekuningan ada yang berubah menjadi merah dan coklat
      - kemudian daun daun itu gugur semua

      Mulai dan berakhirnya musim gugur tergantung daerah, semakin ke utara, semakin cepat.

      Karena kami di selatan, musim gugur bisa sampai Desember akhir. Banyak pohon, daunnya barusan berubah warna. Sebagian ada yang sudah rontok.

      Tapi, tidak semua pohon daunnya berubah warna, kemudian gugur. Ada yang masih tetap hijau sepanjang tahun.

      Anda pasti tahu istilahnya, ya, evergreen. Jenis daun evergreen ini biasanya dipakai sebagai pohon “Christmas.”

      Setelah gugur, musim berikutnya adalah musim dingin. Suhu bisa dibawah nol atau minus.

      Delete
  2. jd kpengen main salju juga nih... gmn sih rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks-
      Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan
      -
      Fig 02- Pohon yang daunnya kemerahan

      Sudah tiga tahun kota kami tidak turun salju, meskipun suhu pernah mencapai -2 (minus 2) derjat celsius, dibawah nol

      Delete
  3. Selalu pengeen lihat suasana musim gugur aslinya. Kalau di foto - foto itu rasanya seperti romantiis tenaang jalan jalan diantara pepohonan yang daunnya berubah orange kekuningan hehe .. efek kebanyakan nonton drakor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks-
      Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan
      -
      Fig 03- Daun warna warni, ada yang masih hijau.

      Tahun ini juga diperkirakan tidak akan ada salju turun. Paling paling ada lapisan es tipis di atas rumput.

      Sebenarnya, saya sendiri tidak begitu suka dengan dingin. Salju hanya kelihatan indah saja, tapi dinginnya bikin menggigil.

      Anak anak memang suka main salju. Jika punya tetangga banyak anak anak anak, pasti terdengar suara ribut di mana mana.

      Happy new year!

      Delete
  4. wah mungkinkah karena faktor global warming sehingga tidak turun turun salju yahh.. padahal para bocah sudah pasti nungguin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks-
      Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan
      -
      Fig 01- Daun yang berubah warna dan

      Perbedaan musim gugur (Autumn atau Fall) dengan musim lainnya adalah perubahan pada daun daun:
      - pertama, daun berubah warna dari hijau menjadi kuning
      - dari kekuningan ada yang berubah menjadi merah dan coklat
      - kemudian daun daun itu gugur semua

      Mulai dan berakhirnya musim gugur tergantung daerah, semakin ke utara, semakin cepat.

      Karena kami di selatan, musim gugur bisa sampai Desember akhir. Banyak pohon, daunnya barusan berubah warna. Sebagian ada yang sudah rontok.

      Tapi, tidak semua pohon daunnya berubah warna, kemudian gugur. Ada yang masih tetap hijau sepanjang tahun.

      Anda pasti tahu istilahnya, ya, evergreen. Jenis daun evergreen ini biasanya dipakai sebagai pohon “Christmas.”

      Setelah gugur, musim berikutnya adalah musim dingin. Suhu bisa dibawah nol atau minus.

      Delete
  5. Musim gugur dan musim salju. yang begitu dinantikan banyak orang dan menjadi destinasi wisata juga. Thx artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks-
      Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan
      -
      Fig 02- Pohon yang daunnya kemerahan

      Sudah tiga tahun kota kami tidak turun salju, meskipun suhu pernah mencapai -2 (minus 2) derjat celsius, dibawah nol

      Delete
  6. Autumn yang pernah aku lihat sejauh ini hanyalah sebuah pohon mati yang dedaunnya kuning kekeringan. Semoga ada kesempatan buat main-main ke negara bagian utara, menyaksikan langsung autumn yang sebenarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks-
      Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan
      -
      Fig 03- Daun warna warni, ada yang masih hijau.

      Tahun ini juga diperkirakan tidak akan ada salju turun. Paling paling ada lapisan es tipis di atas rumput.

      Sebenarnya, saya sendiri tidak begitu suka dengan dingin. Salju hanya kelihatan indah saja, tapi dinginnya bikin menggigil.

      Anak anak memang suka main salju. Jika punya tetangga banyak anak anak anak, pasti terdengar suara ribut di mana mana.

      Happy new year!

      Delete
  7. Menarik memang jika melihat daun berguguran mau daun merah atau tidak semua pastinya tetap punya nuansa dan kesan sendiri bagi setiap orang yang memandangnya..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks-
      Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan
      -
      Fig 01- Daun yang berubah warna dan

      Perbedaan musim gugur (Autumn atau Fall) dengan musim lainnya adalah perubahan pada daun daun:
      - pertama, daun berubah warna dari hijau menjadi kuning
      - dari kekuningan ada yang berubah menjadi merah dan coklat
      - kemudian daun daun itu gugur semua

      Mulai dan berakhirnya musim gugur tergantung daerah, semakin ke utara, semakin cepat.

      Karena kami di selatan, musim gugur bisa sampai Desember akhir. Banyak pohon, daunnya barusan berubah warna. Sebagian ada yang sudah rontok.

      Tapi, tidak semua pohon daunnya berubah warna, kemudian gugur. Ada yang masih tetap hijau sepanjang tahun.

      Anda pasti tahu istilahnya, ya, evergreen. Jenis daun evergreen ini biasanya dipakai sebagai pohon “Christmas.”

      Setelah gugur, musim berikutnya adalah musim dingin. Suhu bisa dibawah nol atau minus.

      Delete
  8. Kenapa sudah tiga tahun tidak turun salju pak, padahal suhunya pernah turun dibawah nol derajat, apa karena perubahan iklim global ya?

    Tapi bagus ya kalo melihat langsung daun pohon berubah warna, disini warnanya hijau terus, paling kuning kalo mau rontok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks-
      Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan
      -
      Fig 02- Pohon yang daunnya kemerahan

      Sudah tiga tahun kota kami tidak turun salju, meskipun suhu pernah mencapai -2 (minus 2) derjat celsius, dibawah nol

      Delete
  9. pergantian musim kadang menyebabkan perubahan warna daun, aku suka banget lihat daun yang berwarna selain hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks-
      Daun Berganti Warna Kuning Kemerahan
      -
      Fig 03- Daun warna warni, ada yang masih hijau.

      Tahun ini juga diperkirakan tidak akan ada salju turun. Paling paling ada lapisan es tipis di atas rumput.

      Sebenarnya, saya sendiri tidak begitu suka dengan dingin. Salju hanya kelihatan indah saja, tapi dinginnya bikin menggigil.

      Anak anak memang suka main salju. Jika punya tetangga banyak anak anak anak, pasti terdengar suara ribut di mana mana.

      Happy new year! 

      Delete
  10. Pengalaman yang luar biasa, iri dan inin merasakannya secara langsung juga

    ReplyDelete