Friday, December 28, 2018

Pilpres 2019: Perang Bintang di Jateng dan Jatim

Prabowo dan SBY

Semakin mendekati hari “H,” pilpres 2019 semakin seru. Banyak pernyataan langsung dari kedua timses yang patut disimak, terutama yang berkenaan dengan “polling.” Sepertinya “survei” yang dilakukan oleh lembaga survei “mainstream” selama ini semakin sulit untuk dipercayai.

Ada pernyataan menarik dari presiden Jokowi: “Jokowi Akui Masih Kalah 9 Persen dari Prabowo di Banten” (CNNI, 2018). Hasil internal survei Timses Jokowi-Amin di Jabar berada di bawah magic number, 47%. Sedangkan Indopolling menemukan angka 27% untuk Jokowi-Amin di Jabar. Meskipun, katanya Jokowi-Amin masih unggul.

Seperti memperkuat survei lawan, Timses Prabowo-Sandi menemukan keunggulan mereka di Jakarta, Banten dan Jabar. Hanya sekedar pembanding: Sandi-Anis menang di Jakarta 2017. Untuk Banten dan Jabar, Prabowo menang 2014.

Saya mulai “meragukan” hasil survei LSI Denny JA, karena lembaga ini mengungkapkan hasil survei kontradiktif: Prabowo “kalah” di Jabar, tapi partai Gerindra “menang.”

Apapun hasil survei, dan oleh siapapun: jelas dan terang benderanga, di tiga propinsi ini (Jakarta, Banten, Jabar), pertarungan pilpres 2019 sangat kompetitif, dan cenderung “memihak” Prabowo-Sandi.

Perang Bintang (Star Wars)
Mengingat 70% penduduk Indonesia berada di Pulau Jawa, kemenangan di pulau Jawa berarti kemenangan di Indonesia. Wilayah yang akan menjadi penentu kemenangan di pulau Jawa adalah Jateng dan Jatim.

Pada tulisan terdahulu, saya menyebutkan 95% kemenangan Jokowi berasal dari Jateng dan Jatim (silahkan baca: 95% Suara Kemenangan Jokowi Berasal Dari Jateng dan Jatim). Menunjukkan betapa pentingnya Jateng dan Jatim dalam pilpres 2019.

Baik survei internal Timses Prabowo-Sandi, maupun survei internal Jokowi-Amin serta semua lembaga survei punya hasil seragam: Jokowi-Amin UNGGUL di kedua propinsi Jateng dan Jatim sampai tulisan ini dibuat.

Data dan fakta ini menyebabkan Timses Prabowo-Sandi memindahkan markasnya ke Jateng. Tak tanggung tanggung, bahkan rencananya akan ada lebih dari 4 markas yang tersebar di Jateng, termasuk di dekat rumah presiden Jokowi.

Khusus Jateng, ada empat orang Jenderal yang akan turun langsung “menggempur” propinsi ini, yaitu Prabowo, SBY, Djoko Santoso dan Gatot Nurmantyo (baru belakangan masuk timses). Kemudian Prabowo dan SBY akan bersama sama bergerilya di Jatim.

Sekedar mengingatkan, SBY dan Partai Demokrat pernah menaklukkan propinsi Jateng dan Jatim.

Pertama kali dalam pilpres, empat orang yang bintangnya “bersinar terang” bersinergi di lapangan untuk memenangkan “pertempuran.” Ini bisa kita sebut dengan istilah “star wars.” Seru dan mendebarkan menunggu hasilnya.

# Trending hasil estimasi bisa kita lihat nanti di akhir Januari 2019 atau awal Pebruari 2019 melalui:
- Hasil survei internal dari kedua timses
-Lembaga survei (mainstream maupun marginal) sebagai pembanding

## Tentu saja hasil akhir adalah hitungan suara sampai selesai.

2 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih kunjungannya:
      Pilpres 2019: Perang Bintang di Jateng dan Jatim
      -
      Prabowo dan SBY

      Delete